Monday, 20 August 2012

PROTES MELETUS DI CHINA MENYANGKUT SENGKETA PULAU DENGAN JEPANG

Beijing, 19/8 (ANTARA/AFP) - Protes melanda di sedikit--dikitnya enam kota China pada Ahad ketika warga turun ke jalan setelah kelompok nasionalis Jepang mendarat di pulau yang diklaim kedua negara itu, kata media pemerintah.
Kelompok nasionalis itu mengibarkan bendera Jepang di Uosurijima beberapa hari setelah Tokyo mengusir pemerotes pro-Beijing, yang mendarat di pulau itu. China memperingatkan jangan melakukan tindakan "melanggar" kedaulatan wilayahnya.
Lebih dari 100 orang berkumpul dekat kompleks perumahan konsulat Jepang di kota Guangzhou China selatan dengan meneriakkan "Jepang keluar dari Kepulauan Diaoyu," kata kantor berita resmi Xinhua.
Di kota terdekat Shenzhen, yang berbatasan dengan Hong Kong, para pemrotes berkumpul di satu halaman plaza, kata Xinhua dan menambahkan mereka membawa bendera-bendera China dan meneriakkan yel-yel, kata Xinhua tanpa memberikan angka jumlah peserta.
Zhang Fei, seorang peserta mengatakan para pemerotes bergerak ke arah stasiun kereta api di perbatasan dengan Hong Kong.
Banyak polisi mengawal unjuk rasa itu tetapi ia tidak dapat memberikan perkiraan jumlah para pemrotes, tetapi mengatakan para peserta terus bertambah.
Xinhua memberitakan protes-protes juga terjadi di empat kota lainnya termasuk Hangzhou dan Qingdao serta kota di bagian timur laut Shenyang dan Harbin.
Beijing Sabtu mengecam Jepang atas rencananya untuk mengunjungi pulau itu.
China menuntut Jepang segera menghentikan aksi-aksi yang melanggar kedaulatan wilayah China," kata kementerian luar negeri dalam satu pernyataan.
Protes-protes anti-Jepang meletus di beberapa kota pekan lalu termasuk di ibu kota Beijing, kota bisnis Shanghai dan Qingdao dan Binzhou di provinsi Shandong, kata media prmerintah dan saksi-saksi mata.
Pulau itu adalah baian dari satu gugusuan pulau yang diklaim China. China menamakan kepulauan itu Diaoyu, tetapi dikuasai Jepang, yang menamakannya Senkaku.
Pada Sabtu, ratusan orang berkumpul di kota Xian China selatan untuk memprotes penahanan 14 aktivis pro-China dan wartawan yang berlayar dari Hog Kong untuk mendarat di salah satu kepulauan itu, kata Xinhua dalam satu berita terpisah.
Jepang Jumat mendeportasi 14 warga China yang ditahan setelah tiba di daerah itu Rabu.
(Uu.H-RN) (Uu.SYS/C/H-RN/A/B002) 19-08-2012 14:08:35 NNNN


No comments:

Post a Comment