Tuesday, 21 August 2012

SAHAM FACEBOOK TURUN HAMPIR 50%

Dalam sesi perdagangan reguler,
nilai saham Facebook turun hampir 50 persen
dari harga penawaran perdana di bulan Mei.


Peter Thiel yang menjabat sebagai Direktur Facebook diketahui telah melepas sekitar 20 juta lembar saham miliknya setelah masa penguncian berakhir.

Seperti diketahui, harga saham Facebook terus mengalami penurunan drastis dengan nilai yang mencapai setengah dari harga aslinya.

Thiel dikatakan mendapat dana segar sekitar US$ 400 juta atau sekitar Rp 3,7 Triliun dari penjualan sebagian saham miliknya pada pekan lalu.

Thiel menjual saham Facebooknya dengan harga rata-rata berkisar antara US$ 19,27 dan US$ 20,69 per saham setelah berakhirnya masa penguncian, yang melarang investor awal dan orang dalam untuk menjual saham miliknya setelah masa penawaran umum perdana.

Setelah menjual sebagian sahamnya, pria yang turut mendirikan PayPal ini masih memiliki sekitar 5,6 juta lembar saham Facebook.

Sementara itu, Accel Partners, sebuah perusahaan modal ventura di Silicon Valley yang memiliki sekitar 57,8 juta lembar saham Facebook, diketahui juga tengah mengajukan ijin penjualan saham miliknya.

Langkah ini, memungkinkan para mitra untuk menjual atau mempertahankan saham Facebook milik mereka.

Dalam sesi perdagangan reguler, nilai saham Facebook ditawarkan dengan nilai US$ 20,01 atau mengalami penurunan hampir 50 persen dari harga penawaran perdana di bulan Mei yang berkisar di angka US$ 38 per lembar saham.

Facebook, yang didirikan oleh Mark Zuckerberg menjadi perusahaan AS yang membuat debut dengan nilai pasar lebih dari US$ 100 miliar.

Namun, kalangan investor kemudian merasa kecewa dengan ketidakmampuan Facebook untuk mengartikulasikan rencana mereka dengan terus melambatnya pertumbuhan tingkat pendapatan perusahaan. 
 

No comments:

Post a Comment